Kitab menjelaskan
hukum-hukum puasa
كتاب بيان أحكام الصيام
Difinisi puasa
وهو والصوم مصدران
معناهما لغة الإمساك، وشرعاً إمساك عن مفطر بنية مخصوصة جميع نهار قابل للصوم من
مسلم عاقل طاهر من حيض ونفاس
Lafad syam dan shoum
keduanya adalah masdar ditinjau dari bahasa yang berarti menahan, sedangkan
ditinjau dari syara’ berarti menahan dari perkara yang membatalkan dengan niat
tertentu dalam keseluruhan hari yang menerima untuk berpuasa oleh muslim,
berakal, suci dari haid dan nifas
(وشرائط وجوب الصيام
ثلاثة أشياء) وفي بعض النسخ أربعة أشياء (الإسلام والبلوغ والعقل والقدرة على
الصوم) وهذا هو الساقط على نسخة الثلاثة، فلا يجب الصوم على أضداد ذلك.
Syarat wajib puasa.
Adapun beberapa syarat
wajib puasa itu ada tiga macam dan disebagian redaksi lain ada empat macam,
yaitu :
1. Islam
2. Balig
3. Berakal
4. Mampu berpuasa
Dan syarat ke empat
gugur dalam sebagian redaksi yang mensyaratkan tiga, kemudian puasa tidak wajib
atas kebalikan dari yang telah disyaratkan tadi.
(وفرائض الصوم أربعة
أشياء) أحدها (النية) بالقلب فإن كان الصوم فرضاً كرمضان أو نذراً، فلا بد من
إيقاع النية ليلاً، ويجب التعيين في صوم الفرض كرمضان، وأكمل نية صومه أن يقول
الشخص نويت صوم غد عن أداء فرض رمضان هذه السنة لله تعالى (و) الثاني (الإمساك عن
الأكل والشرب) وإن قل المأكول والمشروب عند التعمد، فإن أكل ناسياً أو جاهلاً لم
يفطر إن كان قريب عهد بالإسلام، أو نشأ بعيداً عن العلماء وإلا أفطر (و) الثالث
(الجماع) عامداً وأما الجماع ناسياً فكالأكل ناسياً (و) الرابع (تعمد القيء) فلو
غلبه القيء لم يبطل صومه
Fardhu puasa
Beberapa fardhu puasa
ada empat macam, salah satunya :
1. Niat dalam hati.
Jika adanya puasa itu
puasa fardhu seperti puasa ramadhan atau puasa nadzar, maka wajib menempatkan
niat dimalam hari dan wajib menertentukan niat dalam puasa fardhu seperti puasa
ramadhan, dan adapun akmal/ lebih sempurna niat orang berpuasa adalah bilamana
seseorang mengucapkan lafad:” nawaitu shomaghodin an ada’i fardi romadhona
hadihissanati lillahi ta’ala” (saya niat berpuasa hari esok untuk menunaikan
fardhu bulan rhamadan tahun ini karna alloh swt).
2. Menahan dari makan
dan minum.
Sekalipun makanan dan
minuman sedikit ketika dengan kesengajaan, sedangan bila orang yang berpuasa
memakan dalam kedaan lupa atau bodoh, maka puasa tidak batal dengan syarat
mereka dekat (baru masuk islam) atau hidup jauh dari ulama’, jika tidak
demikian maka puasanya batal.
3. Menahan dari
bersetubuh dengan menyengaja
Adapun bersetubuh dalam
keadaan lupa, maka hukumnya sama seperti memakan dalam kedaan lupa.
4. Menahan dari
menyengaja muntah
Apabila muntah yang
tidak bisa ditahan(buan dengan menyengaja muntah), maka puasa tidak batal.
(والذي يفطر به الصائم
عشرة أشياء) أحدها وثانيها (ما وصل عمداً إلى الجوف) المنفتح (أو) غير المنفتح
كالوصول من مأمومة إلى (الرأس) والمراد إمساك الصائم عن وصول عين إلى ما يسمى
جوفاً (و) الثالث (الحقنة في أحد السبيلين) وهو دواء يحقن به المريض في قبل أو دبر
المعبر عنهما في المتن بالسبيلين (و) الرابع (القيء عمداً) فإن لم يتعمد لم يبطل
صومه كما سبق. (و) الخامس (الوطء عامداً) في الفرج فلا يفطر الصائم بالجماع ناسياً
كما سبق (و) السادس (الإنزال) وهو خروج المني (عن مباشرة) بلا جماع محرماً كان
كإخراجه بيده أو غير محرم كإخراجه بيد زوجته أو جاريته واحترز بمباشرة عن خروج
المني بالاحتلام فلا إفطار به جزماً (و) السابع إلى آخر العشرة (الحيض والنفاس
والجنون والردة) فمتى طرأ شيء منها في أثناء الصوم أبطله
Hal-hal yang membetalkan
puasa
Adapun Perkara orang
yang berpuasa batal karenanya itu ada sepuluh perkara :
1. pertama dan 2. kedua
Menyengaja memasukkan
sesuatu kedalam lubang tubuh yang terbuka atau selain terbuka, seperti
samapainya luka pada kepala. Dan yg dikehdaki adalah menahannya orang puasa
dari sampainya sesuatu kedalam tubuh yang dinamai dengan jauf (lubang anggota
tubuh).
3. Ketiga
Memasukkan obat kedalam
dua jalan yaitu memasukkan obat yang diobatkan orang sakit kedalam kubul (jalan
depan) atau dubur (jalan belakang) yang mana keduanya dalam kitab matan dibuat
istilah kata sabilaini (dua jalan) .
4. Keempat
Muntah dengan
menyengaja, jika tidak dengan menyengaja maka puasanya tidak batal seperti
keterangan telah lewat.
5. Kelima
Mewati/ memasukkan
kelamin dalam farji dengan menyengaja, maka tidak batal sebab bersetubuh dalam
keadaan lupa seperti keterangan telah lewat.
6. Keenam
Inzal, yaitu keluar mani
dari persentuhan kulit yang diharomkan tanpa melalui persetubuhan seperti
keluarnya mani dengan tangan sendiri atau yang tidak diharomkan seperti
keluarnya mani dengan tangan istri atau tangan budak wanitanya. Dan pengarang
mengecualikan keluar mani dari sebab pertemuan kulit yaitu puasa tidak batal
sebab ihtilam (mimpi keluar mani).
7. _ 10 Ketuju sampai
kesepuluh
Haid, nifas, gila,
murtad dan kapanpun hal baru yang terjadi dari padanya (haid, nifas, gila,
murtad) dalam tengah-tengah orang sedang berpuasa maka akan membatalkan
puasanya.
Terjemah kitab fathul
al-qorib
Oleh, Mz fa’i
Malam selasa, 24-06-2014
Pukul 20.00 sampai
selesai
Semoga bermanfaat
<<<<<
Amin>>>>>>>>>>>>>>
Wollohu
a’lam……………………………………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar