TERJEMAH
FATHUL QORIB
KITAB AL-AHKAM AL-BUYU'
فتح
القريب المجيب في شرح ألفاظ التقريب - (ج 1 / ص 76)
كتاب
أحكام البيوع
وغيرها
من المعاملات كقراض وشركة جمع بيع، والبيع لغة مقابلة شيء بشيء، فدخل ما ليس بمال كخمر،
وأما شرعاً فأحسن ما قيل في تعريفه إنه تمليك عين مالية بمعاوضة بإذن شرعي أو تمليك
منفعة مباحة على التأبيد بثمن مالي، فخرج بمعاوضة القرض، وبإذن شرعي الربا، ودخل في
منفعة تمليك حق البناء، وخرج بثمن الأجرة في الإجارة، فإنها لا تسمى ثمناً
Kitab Menjelasakan
Beberapa Hukum Jual-beli
Dan selainnya, yakni dari
mu'amalah semisal aqad qirot (bagi hasil), aqad syirkah (perserikatan).
Adapun lafadz buyuu'
itu jamak dari mufrod lafadz bai'un, dan secara bahasa bai' bisa berarti
menerimakan sesuatu dengan sesuatu yang lain, kemudian aqad ini memasukkan juga
sesuatu yang selain harta seperti homr. Sedangkan menurut syara', maka
pengertian jual beli yang paling tepat adalah : memberikan kepemilikan harta
yang bernilai dengan mengganti (sesuatu lain) seidzin sara', atau memberikan kepemilikan kemanfaatan yang dibolehkan
atas kepemilikan selamanya dengan mengganti harga yang semacam harta. Dikecualikan
dari lafadz "mu'awadzoh (suatu pengganti)" yaitu,
"qor'di (hutang)", dikecualikan dari "idzin syara" ,
yaitu "riba".
ودخل
في منفعة تمليك حق البناء، وخرج بثمن الأجرة في الإجارة، فإنها لا تسمى ثمناً
Dan termasuk didalam
kemanfanfaatan, yaitu memberikan kepemilikan hak bangunan. Dikecualikan dari
istilah "tsaman/harga", yaitu "upah dalam sewa menyewa" ,
karena upah tidak bisa dinamai dengan tsaman/harga.
البيوع
ثلاثة أشياء) أحدها (بيع عين مشاهدة) أي حاضرة (فجائز) إذا وجدت الشروط من كون
المبيع طاهراً منتفعاً به مقدوراً على تسليمه للعاقد عليه ولاية،
Beberapa jual beli itu ada tiga macam, salah satunya :
1.
Jual beli barang yang saksikan, maksudnya yang hadir/ada. maka jual beli ini boleh, jika ditemukan
beberapa syarat adanya barang yang diperjual belikan (mabi') suci, bermanfaat,
yang mampu dikuasakan atas penyerahanya,
bagi orang yg berakad mempunyai hak kuasa.
ولا بد في البيع من إيجاب
وقبول، فالأول كقول البائع أو القائم مقامه بعتك، وملكتك بكذا، والثاني كقول
المشتري أو القائم مقامه اشتريت وتملكت ونحوهما
Wajib didalam jual beli adanya
Ijab dan Qobul, kemudin lafad yang pertama , seperti perkataan penjual
atau orang yang mendudukinya :" saya jual padamu dan saya milikkan padamu
dengan sekian (harga sekian)", dan
lafadz yang kedua, seperti perkataannya pembeli atau yg orang yang
mendudukinya :" saya beli dan saya terima kepemilikan dan seperti
contoh dari keduanya".
(و) الثاني من الأشياء (بيع شيء موصوف في الذمة) ويسمى هذا
بالسلم (فجائز إذا وجدت) فيه (الصفة على ما وصف به) من صفات السلم الآتية في فصل
السلم
2.
dari sesuatu (macam-macam jual beli) yaitu: jual beli sesuatu/barang yang disifati dalam tanggungan, ini dinamai dengan
pesanan (salam). Maka jual beli ini boleh, jika didalamnya ditemukan sifat atas
barang yang disifatinya dari sifat
pesanan yang akan datang dalam fasal
salam (pesanan)
(و) الثالث (بيع عين غائبة لم تشاهد) للمتعاقدين
(فلا يجوز) بيعها
3.
jual beli barang tak Nampak
(ghoibah) yg tak bisa dilihat oleh kedua belah pihak yang berakat, Maka jual
beli ini tidak boleh.
والمراد بالجواز في هذه الثلاثة الصحة، وقد يشعر قوله لم تشاهد بأنها
إن شوهدت ثم غابت عند العقد أنه يجوز، ولكن محل هذا في عين لا تتغير غالباً في
المدة المتخللة بين الرؤية والشراء
Yang dikehendaki dengan Jawaz (boleh) dalam ketiga permasalahan jual beli diatas adalah: Sah. Dan terkadang perkataan Mushonnif
yang berbunyi:"tidak disaksikan" memberikan pengertian bahwa, jika
disaksikan kemudian hilang/tk Nampak ketika akad, maka jual beli ini boleh,
Akan tetapi tempatnya boleh adalah jika barang tidak berubah secara umum disaat
yang menyela-nyelahi (jawa=nyela-nyelani) antara melihat dan membeli.
(ويصح بيع كل طاهر منتفع به مملوك) وصرح المصنف بمفهوم هذه الأشياء
في قوله (ولا يصح بيع عين نجسة) ولا متنجسة كخمر ودهن وخل متنجس ونحوها مما لا
يمكن تطهيره (ولا) بيع (ما لا منفعة فيه) كعقرب ونمل وسبع لا ينفع
Sah jual beli tiap perkara suci yang bisa diambil kemanfaatannya
yang dimiliki. Mushonif menjelaskan
dengan kata yg difaham dalam masalah ini pada perkataannya :"maka tidak
sah jual beli barang najis, tidak sah jual beli barang yang terkena najis
seperti arak dan minyak dan cukak yang terkena najis dan semacamnya), yakni
dari perkara yg tak mungkin bisa disucikannya. Dan tidak sah jual beli barang
yang tidak ada kemanfaatan seperti kalajengking dan semut dan binatang buas
yang tidak manfaat".
Murod kls Wahab PA+PI
NB: ditunggu murod
dalam bab thoharoh (KLS umriti PA+ AL-fiah PA) PP AL FALAHIYYAH mlangi gamping nogotirto yogyakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar