1.boleh membawa tafsir al-qur'an bagi orang haid
dengan syarat tafsir lebih banyak dari pada al-qur'an secara yaqin.
نهاية الزين - (ج 1 / ص 33) ويحل حمله في تفسير سواء
تميزت حروف القرآن بلون أم لا إذا كان التفسير أكثر يقينا بخلاف ما لو كان القرآن
أكثر أو تساويا أو شك في ذلك فيحرم
Halal membawa al-qur’an dalam tafsir ( tafsir
qur’an) sama halnya warna hurufnya berbeda ataupun tidak, dengan syarat tafsir
tersebut lebih banyak secara yaqin. berbeda jika adanya qur’an lebih banyak
atau sama atau sangsi, yg demikan maka haram(membawanya).
Ibaroh senada
الإقناع للشربيني - (ج 1 / ص 101)
ويحل حمله في تفسير سواء تميزت ألفاظه بلون أم لا إذا كان
التفسير أكثر من القرآن لعدم الإخلال بتعظيمه حينئذ وليس هو في معنى المصحف بخلاف
ما إذا كان القرآن أكثر منه لأنه في معنى المصحف أو كان مساويا له كما يؤخذ من
كلام التحقيق
فقه العبادات - شافعي - (ج 1 / ص 200) لا حرمة في حمل
تفسيره الذي مزجت فيه آياته بتفسيرها وكان التفسير أكثر منه
2. jika terjemah maka haram bagi orang haid
membawanya sebab terjemah hukumnya beda dengan tafsir sebagaimana keterangan
kitab nihayatu az-zain.
نهاية الزين - (ج 1 / ص 33) أما ترجمة المصحف المكتوبة
تحت سطوره فلا تعطي حكم التفسير بل تبقى للمصحف حرمة مسه وحمله كما أفتى به السيد
أحمد دحلان حتى قال بعضهم إن كتابة ترجمة المصحف حرام مطلقا سواء كانت تحته أم لا
فحينئذ ينبغي أن يكتب بعد المصحف تفسيره بالعربية ثم يكتب ترجمة ذلك التفسير
Adapun terjemah Alquran yang ditulis dibawahnya
tidak bisa dihukumi seperti hukum tafsir Quran, tetapi hukum yang berlaku untuk
terjemah Alquran sama dengan alquran dalam arti tidak boleh dibawa/dipegang
oleh orang hadats seperti yang difatwakan oleh Sayyid Ahmad dahlan, sehigga
sebagian ulama menyatakan menterjemah Alquran haram secara mutlak baik dibawahnya
atau dimana saja, karena sebaiknya setelah alquran baru ditulis tafsirnya
dengan bahasa arab kemudian setelah itu baru tafsirnya diterjemahkan.
simpanan mz fa'i
link asal https://www.facebook.com/groups/107132085998280/permalink/587360261308791/
1 komentar:
monggo dipelajari
Posting Komentar